Capaian Pembelajaran Lulusan

SIKAP
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; 
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; 
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; 
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; 
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; 
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; 
S9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan 
PENGETAHUAN
P1Menguasai  konsep matematika,  ilmu sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles)   untuk menyelesaikan masalah rekayasa pada upaya pengelolaan lingkungan
P2Menguasai prinsip, metodologi dan teknik perancangan bidang Teknik Lingkungan  dengan pendekatan sistem secara terintegrasi dengan memperhatikan sosial, ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, dan lingkungan 
P3Menguasai prinsip-prinsip dan teknis dalam melakukan kajian-kajian pengelolaan lingkungan 
P4Menguasai konsep, identifikasi, metode analisis berdasarkan standar nasional, internasional, serta aturan yang berlaku dan interpretasi data yang dihasilkan dari eksperimen laboratorium dan lapangan
P5Menguasai sumber daya, analisis informasi dan data untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam memberikan berbagai alternatif solusi dalam bidang teknik lingkungan
P6Menguasai konsep, prinsip, dan teknik komunikasi efektif secara lisan dan tulis
P7Menguasai pengetahuan dan issue terkini dalam teknologi, ekologi, sosial dan ekonomi untuk pelestarian lingkungan
Keterampilan Umum
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;  
KU7Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU10Mampu menyelesaikan masalah lingkungannya secara RESPONSIF dan INOVATIF dengan menerapkan ilmu dan teknologi di bidang bencana lahan basah dan kewirausahaan.
Keterampilan Khusus
KK1Mampu menerapkan konsep matematika,  ilmu sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles)   untuk menyelesaikan masalah rekayasa pada upaya pengelolaan lingkungan
KK2Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada upaya pengelolaan lingkungan untuk menyelesaikan isu-isu lingkungan air, udara, dan tanah dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa lingkungan
KK3Mampu merencanakan dan merancang rekayasa lingkungan terkait : sistem penyediaan dan pengolahan air minum, perencanaan drainase,  penyaluran dan pengolahan air limbah, pengendalian dan pemantauan pencemaran udara, pengelolaan sampah dan limbah B3,   pengelolaan sumber daya air, plumbing dengan pendekatan sistem secara terintegrasi dengan mempertimbangkan standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan
KK4Mampu membuat dokumen kajian-kajian lingkungan meliputi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan dan Sistem Manajemen Lingkungan seperti ISO 14001 dan ISO 18001
KK5Mampu melakukan penelusuran referensi, norma, standar, pedoman,dan manual yang berlaku dalam menyelesaikan masalah rekayasa lingkungan 
KK6Mampu melakukan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa khususnya terkait pengolahan air gambut dan pengolahan limbah OLEO dan Petro Industri
KK7Mampu  menguasai sumber daya dan memanfaatkan hasil analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk perencanaan/perancangan teknik lingkungan
KK8Mampu menggunakan teknologi modern dalam melaksanakan pekerjaan